Apakah anda masih kesulitan memilih antar generator bensin dan generator diesel? Ingin tahu bagaimana cara kerja mesin diesel dan mesin bensin?
Jaman sekarang, generator diesel lebih disarankan karena hal seperti:
Jaman sekarang, generator diesel lebih disarankan karena hal seperti:
-
Awet – Mesin diesel lebih tahan lama dibandingkan mesin bensin.
-
Bahan bakar lebih irit – Mesin diesel membutuhkan lebih sedikit bahan bakar per power yang dihasilkan (kW) dibandingkan mesin bensin
-
Perawatan lebih mudah – Mesin diesel mempunyai bagian lebih sedikit. Tidak ada busi sehingga engine lebih kuat dan dapat diandalkan.
Generator Bensin:
Bagian
utama dari Engine Bensin
adalah Ignition coil, Carburator,
Busi
dan Filter udara
- Ignition coil berfungsi untuk menghasilkan percikan api
- Carburator berfungsi untuk mencampur udara dengan bahan bakar (bensin)
- Busi berfungsi untuk mentransfer percikan api kedalam ruang bakar
-
Filter
udara berfungsi untuk menyaring
udara yang masuk kedalam ruang bakar
Gambaran mesin bensin
Skema kerja mesin bensin |
Prinsip kerja generator bensin:
Langkah
1: Pemasukan
Pada
langkah ini, posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup.
Piston bergerak dari TMA-TMB sehingga
campuran
udara murni dan bahan bakar dari karburator masuk
ke dalam ruang bakar.
Langkah
2: Kompresi
Piston
yang bergerak dari TMB
– TMA sehingga campuran udara dan
bahan bakar terkompresi. Busi memercikan api dan menciptakan ledakan.
Langkah
3: Ekspansi
Campuran
udara dan bahan bakar yang terbakar akan
menimbulkan tekanan yang mengerakkan
piston ke bawah sehingga suhu dan
tekanan berkuran
Langkah
4: Pembuangan
Katup
buang terbuka dan gas sisa pembakaran
ditekan keluar oleh piston yang bergerak ke atas, Dengan
demikian dimulai lagi
ke langkah
pemasukan untuk
siklus selanjutnya
Mesin Diesel
Bagian
utama dari Engine Diesel
adalah Fuel injection pump, Nozzle,
Solenoid dan
Filter udara
Cara kerja mesin diesel |
Skema kerja mesin diesel |
Prinsip kerja generator diesel:
Langkah
1: Pemasukan
Pada
langkah ini, posisi katup hisap terbuka dan
katup buang tertutup.
Udara
masuk ke dalam ruang bakar,
karena adanya piston yang bergerak dari TMA – TMB
Langkah
2: KOMPRESI
Posisi
katup hisap tertutup dan katup buang pun
tertutup.
( +/-
30 Kg/ cm2 dan 550 derajat Celcius).
Pada
saat piston di TMA, bahan bakar disemprotkan melalui nozzle. Udara
yang mempunyai tekanan dan suhu tinggi langsung berhubungan dengan
bahan bakar sehingga terjadi pembakaran.
Langkah
3: EKSPANSI
Penyemprotan,
pengabutan dan pembakaran berlangsung
dengan sangat cepat.
Sesudahnya, terjadi ekspansi gas-gas dari pembakaran se hingga
menekan pistondari TMA – TMB.
Langkah
4: PEMBUANGAN
Pada
langkah ini, posisi katup hisap tertutup
dan katup buang terbuka.
Gas-gas hasil dari pembakaran didorong keluar oleh piston yang
bergerak naik dari TMB – TMA. Lalu
dilanjut kembali ke langkah pemasukan untuk siklus berikutnya.
Keuntungan generator Bensin:
-
Harga generator lebih murah
-
Portable
-
Digunakan untuk standby
-
Digunakan dibawah 6 jam sehari
Keuntungan generator Diesel:
-
Butuh generator diatas 15KVA
-
Digunakan sebagai penghasil listrik utama
-
digunakan setiap hari untuk lebih dari 6 jam
-
Bisa dilakukan soundproofing