Langsung ke konten utama

Pertanyaan Seputar High Pressure Cleaner, Vacuum Cleaner dan Scrubber Drier


Frequently Asked Questions

 

High Pressure Cleaner


1.       Q: Untuk tipe High Pressure Cleaner. Jika pemakaian atau power unit terlalu tinggi, apakah filter akan cepat rusak?

A: Filter pada High Pressure Cleaner sudah dipilih sesuai dengan spesifikasi mesin. Filter atau inlet filter biasanya tidak akan dibebankan dengan tekanan air tinggi, hanya saja, jika air yang masuk condong kotor, maka kotoran ini akan menempel pada filter dan menyumbat lubang-lubang pada filter.  Hal ini akan menyebabkan tekanan air yang masuk menjadi lebih tinggi dan motor harus bekerja lebih untuk menyedot air masuk.

Sebaiknya filter dibersihkan setiap setelah unit High Pressure Cleaner selesai digunakan



2.       Q: Apa yang terjadi jika oli pada gearbox sudah kering?

A: Jika oli dalam gearbox kering, maka gear akan bergesekan secara langsung. Gear-gear ini akan sangat cepat memanas dan friksi yang terjadi antar gear dapat menyebabkan roda gigi ini menjadi aus dan botak.



3.       Q: Seberapa sering oli harus diganti?

A: Pengantian oli tidak bisa dijawab dalam bentuk bulan atau tahun. Pergantian oli dihitung dari jumlah penggunaan. Sebaiknya, setelah 50 jam pertama penggunaan, oli diganti yang baru. Hal ini karena pada saat produksi, bisa saja ada bekas kotoran atau sisa-sisa produksi yang masih ada dalam gearbox. Kemudian, setiap 150-300 jam pemakaian sebaiknya oli diganti. Oli yang dianjurkan untuk digunakan di Indonesia adalah oli SAE 40 karena temperatur di Indonesia berkisar antara 30-40 derajat Celsius.



4.       Q: Berapa lama lifetime dari seal High Pressure Cleaner?

A: Seal tidak dapat diprediksi umurnya. Umur seal bergantung dengan spesifikasi unit dan pengunaan, serta seberapa baik perawatan yang diberikan kepada unit tersebut sepeerti pengantian oli, pengunaan chemical/sabun dan lain-lain.



5.       Q: Mengapa motor perlu digrounding?

A: Motor induksi akan membuat medan magnet yang dapat menyebabkan listrik statis. Listrik statis yang berlebih dapat menyetrum pengguna yang tidak menggunakan safety yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya grounding dipasang dengan baik agar listrik statis langsung lari ke tanah/ground dan tidak masuk ke badan pengguna.



6.       Q: Bagaiman pencampuran sabun dan air panas untuk High Pressure Cleaner?

A:  Chemical yang digunakan sebagai pembersih atau sabun pada high pressure cleaner mempunyai sifat koagulasi atau mengental. Jika digunakan dengan air panas, zat ini akan mengental dengan cepat dan jika dibiarkan lama akan membuat endapan/kerak sehingga dapat menyumbat saluran air. Untuk mencegah itu, pastikan untuk mengalirkan air dengan suhu normal tanpa chemical setiap selesai penggunaan high pressure cleaner untuk membersihkan semua sisa chemical dalam saluran. Bilas pula bagian-bagian luar seperti hose dan gun yang terkena campuran chemical tersebut. Gunakan juga chemical yang dapat membantu mencegah kerak seperti AntiStone pada saluran boiler High Pressure Cleaner.





Vacuum Cleaner


7.       Q: Apakah ada lifetime untuk filter cartridge dan filter bag?

A: Untuk filter bag seharusnya begitu filter bag penuh, langsung dibuang dan diganti yang baru. Jika filter bag yang berbahan kain atau ‘washable’, kantong debu tersebut masih bisa di bersiihkan mengunakan kompresor beberapa kali sebelum diganti. Jangan mengunakan dust bag yang sudah sobek atau bolong karena kotoran yang keluar dapat merusak motor.

Untuk filter cartridge, apabila setelah dibersihkan filter tersebut masih tetap kotor, sebaiknya diganti.



8.       Q: Apakah indikasi carbon brush sudah mulai habis?

A: Biasanya pada motor akan terdapat bunga api yang besar dan keluar bau hangus. Terkadang anda perlu menguncangkan unit untuk menyalakannya, ada kemungkinan perfoma unit menurun, baik dalam power dan kecepatan motornya (rpm). Carbon brush yang patah atau gompal atau sudah tinggal 10-15mm sebaiknya diganti karena dapat merusak armature pada motor.



9.       Q: Bagaimana cara perawatan vacuum anti-statis?

A: Pastikan aksesoris selalu bersih. Filter dan aksesoris yang digunakan cocok dengan spesifikasi unit, dan bersih saat digunakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya gesekan antar kotoran dan hose yang dapat menyebabkan listrik statis. Pastikan juga grounding pada mesin vacuum terpasang dengan baik.



10.   Q: Karet pada vacuum cleaner yang digunakan di restaurant cepat rusak, bagaimana cara mengatasinya?

A: Pengunaan vacuum cleaner di restaurant biasanya untuk menyedot hal-hal berminyak. Minyak mempunyai sifat abrasive pada karet dan membuatnya menjadi getas. Untuk perawatannya, sebaiknya karet-karet pada vacuum cleaner dibersihkan dari minyak dengan cara dicuci pakai sabun dan dikeringkan (jangan langsung terkena cahaya matahari), baru dimasukan, jika bisa ditambahkan silicone grease sedikit lebih baik lagi.



11.   Q: Floater pada mesin Vacuum Cleaner tipe Wet and Dry rusak.

A: Hal ini disebabkan karena floater jarang dibersihkan. Kotoran-kotoran yang menempel pada floater mengeras dan menjadi kerak sehingga membuat floater rusak.



Scrubber Drier


12.   Q: Mengapa battery pada Scrubber tidak tahan lama?

A: Usia battery tidak dapat diprediksi. Beberapa hal seperti suhu ruangan, cycle atau jumlah pengencasan juga berpengaruh pada usia baterai. Hal yang dapat kita lakukan untuk merawatnya adalah dengan memastikan charge batterai tidak habis total(tengangan akan menurun jika kapasitas batterai dibawah nilai tertentu), charge battery setiap sebelum digunakan, cek level cairan battery agar tidak kering dan bersihkan connector setiap minggu.



13.   Q: Apa yang terjadi jika Scrubber Drier mundur tanpa menaikan squeegee?

A: Squeegee kan mengalami deformasi, tertekuk atau jika terlalu sering dan lantai kasar, dapat menjadi robek. Vacuum juga tidak dapat berfungsi 100% sehingga ada bagian yang tidak terhisap airnya atau masih basah. Hal lainnya adalah sikat akan lebih cepat aus juga.



14.   Q: Apa yang terjadi jika battery untuk Scrubber Drier diganti dengan battery truk?

A: Jangan mengganti baterai basah dengan baterai kering. Setiap baterai mempunyai tegangan, arus dan kapasitas yang berbeda, jangan menyamakan baterai-baterai tersebut. Untuk emergency, jika baterai tidak dapat di charge atau mengalirkan arus, sebaiknya air aki dibuang dan dikuras. Buang air yang lama, kuras dengan air yang baru, diamkan, kuras dan ganti lagi dengan air yang baru. Hal ini dapat me-refresh baterai sehingga bisa di charge kembali. Ini hanya untuk kasus emergency, bukan untuk pengunaan yang berkelanjutan.



15.   Q: Kabel untuk Scrubber Drier sering panas dan musti diganti, apakah boleh diganti dengan yang beda tipe, dengan diameter kabel lebih besar?

A: Jika kabel sering panas, coba terlebih dahulu koneksi pada stop kontak dicek. Apakah tegangan 220Vdan 50 Hz, kemudian cek juga groundingnya. Untuk pengantian kabel ke yang diameter lebih besar tentu boleh.



16.   Q: Apakah Scrubber Drier perlu dilakukan overhaul setiap tahun?

A: Jika perawatan mesin kurang baik, sebaiknya dilakukan overhaul setiap tahun untuk mengecek semua komponen. Namun jika cara perawatannya sudah baik, overhaul tidak lagi perlu untuk dilakukan.



17.   Q: Berapa HP yang diberikan pada unit Scrubber Drier Ride On?

A: Biasanya scrubber drier, polisher dan floor cleaning lainnya diberikan spesifikasi dalam bentuk putaran per menit (rpm) dan tekanan(N/mm2 ) serta kekuatan motor(W) bukan dalam satuan power HP. Kecepatan floor cleaning ini lah yang membagi menjadi high speed atau low speed berdasarkan fungsi yaitu polishing atau stripping.



18.   Q: Apakah warna kabel memperngaruhi spesifikasinya?

A: Tidak, warna kabel berdasarkan produksinya saja. Yang mempengaruhi spesifikasi kabel adalah panjang, diameter, elastisitas, isolator dan jumlah kabel didalemnya.

Jika kabel yang digunakan cepat panas saat mesin menyala, besar kemungkinan bahwa kabel yang digunakan terlalu kecil diameternya atau terlalu panjang ukurannya. Coba diganti dengan diameter kabel yang lebih besar.

Postingan populer dari blog ini

Cara mereset password/membuka Safety Box KRIBOW

Apabila Anda lupa dengan password brankas anda, buka brankas tersebut dengan menggunakan kunci emergency yang termasuk kelengkapan saat pembelian unit. Berikut adalah cara mengganti/me-reset password anda: Untuk tipe  KW20-90 & KW20-91 & KW20-92 & KW20-93 & KW20-94 & KW20-95 Tekan tombol pagar "#", lampu kuning pada display akan menyala, kemudian akan muncul text ".....…" Masukkan PasswordLama atau Default Password dilanjutkan dengan menekan tombol pagar "#" Akan terdengar bunyi beep, diikuti display menjadi warna biru, dan muncul text "READ" Tekan tombol bintang "*" selama 7 detik dan display akan muncul text "........." Masukkan PasswordBaru (4-8 digit) diikuti dengan tombol pagar "#", display akan menunjukkan text INTO  Password baru telah berhasil dimasukkan Cara membuka brangkas jika lupa password, kunci hilang, lowbat. Untuk tipe KW20-680 Pintu brankas harus dalam kondisi o

Cara Membuka Brangkas/Safety Box Krisbow KW20-90,91,92,93,94,95

Lupa Password Brangkas / Safety Box Krisbow KW20-90~95? Permasalahan  yang sering dialami oleh pemilik brangkas biasanya adalah: lupa password, kunci hilang dan baterai sudah mau habis/lowbat. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Safety box alias brankas Krisbow dengan tipe KW20-90, 91, 92, 93, 94 dan 95, mempunyai dua pengaman. Pengaman pertama adalah kunci mekanik dan yang lainnya adalah password digital. Kedua kunci harus dalam keadaan terbuka agar pintu brangkas dapat dibuka.  Cara membuka brangkas jika Anda ingat password: Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Masukan password ( 4-8 digit)   Tekan ‘#’ Buka pintu brangkas Cara membuka brankas jika lupa password/baterai habis:   1. Tekan tombol yang terletak dibawah panel, maka katup akan terbuka dan lubang kunci emergency terlihat. 2. Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Gunakan kunci emergency untuk membuka lubang kunci emergenc

Tips Pengunaan dan Perawatan Micrometer

Mikrometer adalah alat untuk mengukur benda yang ketelitian nya adalah 0.01mm. Alat ukur bekerja dengan cara yang menghitung jarak putaran sekrup dan mengubahnya menjadi hitungan jarak linear. Alat ini 10x lebih teliti dibanding jangka sorong yang ketelitian nya hanya 0.1mm. Berikut adalah penampan bagian-bagian dari mikrometer. Bagian dari mikrometer sekrup dan mikrometer digital Sebelum alat ini digunakan, perhatikan terlebih dahulu: - Kondisi permukaan ukur benda kerja - Kebersihan: keberadaan debu pada benda kerja dapat merubah hasil. - Suhu: Panjang benda kerja dapat berubah sesuai suhu karena dipengaruhi oleh thermal ekspansi. - Zero setting: Kencangkan rachet stop dan nolkan Thimble dan Sleeve Grafik diatas menunjukan pemuaian benda di telapak tangan pada suhu 21°C, 27°C dan 31°C Aplikasi mikrometer bisa untuk beragam tipe seperti digambar: Aplikasi mikrometer                                                     Contoh mikromet