Langsung ke konten utama

Cara Merawat dan Menyimpan Generator Krisbow Tipe Bensin/Gasoline Sebagai Unit Back-up



Sebuah generator yang menggunakan bahan bakar bensin biasanya hanya digunakan sebagai back-up power atau jika terjadi pemadaman listrik dari PLN. Di lokasi-lokasi yang jarang terjadi pemadaman listrik, mesin-mesin generator biasanya di simpan untuk waktu yang sangat lama dan jarang dipelihara. 


Layaknya mesin-mesin lain, sebuah generator perlu dirawat untuk memastikan mesin tersebut dapat berfungsi dengan baik ketika dibutuhkan. Ikuti tips perawatan berikut agar mesin generator gasoline Anda dapat diandalkan.

1. Panaskan mesin minimal 2x sebulan. Hal ini akan memperpanjang umur baterai.
Pada generator yang memiliki daya kecil, biasanya hanya terdapat ‘recoil starter’ sebagai pemicu gerakan awal  generator. Pada generator dengan daya yang besar, terdapat juga baterai untuk memudahkan Anda menyalakan generator tersebut. Baterai atau aki ini perlu di terus diisi agar dapat memenuhi arus listrik yang tinggi yang dibutuhkan untuk memicu gerakan awal di generator.
Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memanaskan generator bensin Anda minimal 2 minggu sekali selama minimal 15 menit agar kapasitas energy dalam baterai cukup untuk menyalakan generator tanpa harus menarik recoil starter tersebut. 


2. Pastikan bensin yang digunakan masih dalam kondisi yang baik
Banyak sekali generator yang disimpan baik-baik dalam gudang untuk waktu yang lama, dan ketika dinyalakan, mesin tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satu masalahnya adalah pada bensin. Bensin adalah minyak tanah yang sudah ditambahkan zat aditif sehingga mudah terbakar, akan tetapi hal ini juga menyebabkan bensin mudah menguap.
Bensin yang sudah ditinggal lebih dari 6 bulan biasanya akan mengalami oksidasi dan akan berubah warnanya menjadi lebih gelap dan baunya sudah berbeda. Bensin ini dibiasanya disebut bensin basi karena tidak dapat menghasilkan pembakaran layaknya bensin biasa. Sebaiknya, gunakan bensin yang baru untuk menyalakan generator Anda.

3. Jika mesin tidak dipanaskan/digunakan untuk waktu yang lama, bersihkan karburator.
Bensin dapat mengalami oksidasi. Hasil dari oksidasi ini dapat meninggalkan kotoran dan kerak yang dapat membuat saluran bensin menjadi kotor atau bahkan berkarat. Jika generator memang tidak akan digunakan atau bahakan dipanaskan untuk waktu yang lama, sebaiknya karburator di bersihkan dengan baik serta bahan bakar dikosongkan. Cara membersihkan karburator lebih dapat dibaca disini

4. Cek oli sebelum menyalakan generator.
Pada generator terdapat engine yang terdiri dari berbagai bagian mekanik yang bergesekan. Oli sangatlah penting untuk memastikan bagian mekanik tersebut bekerja dengan baik, sebagai pendingin maupun pelumas. Pastikan engine Anda dapat bekerja dengan kondisi optimal untuk jangka panjang dengan memastikan oli dalam generator tersebut masih dalam kondisi baik. Biasanya oli masih bisa digunakan meskipun sudah disimpan selama 1-2 tahun.
Jika Anda tidak yakin dengan oli yang sudah lama, bandingkan warna dan kekentalan oli dengan oli yang baru. Jika sudah terlalu keruh atau kental, sebaiknya oli diganti dengan yang baru sebelum menyalakan mesin. Oli genset rata-rata perlu diganti setiap 100 jam penggunaan, tengantung dengan arahan dari buku manual.

5. Jangan mengisi bensin ketika generator sedang bekerja
Bensin adalah bahan bakar yang sangat mudah terbakar. Generator tipe bensin menggunakan sebuah spark plug atau busi untuk memicu bensin dan menghasilkan pembakaran. Jangan menambahkan bensin ketika mesin sedang menyala karena dapat menyebabkan kebakaran didalam mesin generator.
Selalu pastikan mesin dalam keadaan mati ketika akan mengisi bensin demi keselamatan semua.

Demikian lah tips dari kami, semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mereset password/membuka Safety Box KRIBOW

Apabila Anda lupa dengan password brankas anda, buka brankas tersebut dengan menggunakan kunci emergency yang termasuk kelengkapan saat pembelian unit. Berikut adalah cara mengganti/me-reset password anda: Untuk tipe  KW20-90 & KW20-91 & KW20-92 & KW20-93 & KW20-94 & KW20-95 Tekan tombol pagar "#", lampu kuning pada display akan menyala, kemudian akan muncul text ".....…" Masukkan PasswordLama atau Default Password dilanjutkan dengan menekan tombol pagar "#" Akan terdengar bunyi beep, diikuti display menjadi warna biru, dan muncul text "READ" Tekan tombol bintang "*" selama 7 detik dan display akan muncul text "........." Masukkan PasswordBaru (4-8 digit) diikuti dengan tombol pagar "#", display akan menunjukkan text INTO  Password baru telah berhasil dimasukkan Cara membuka brangkas jika lupa password, kunci hilang, lowbat. Untuk tipe KW20-680 Pintu brankas harus dalam kondisi o

Cara Membuka Brangkas/Safety Box Krisbow KW20-90,91,92,93,94,95

Lupa Password Brangkas / Safety Box Krisbow KW20-90~95? Permasalahan  yang sering dialami oleh pemilik brangkas biasanya adalah: lupa password, kunci hilang dan baterai sudah mau habis/lowbat. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Safety box alias brankas Krisbow dengan tipe KW20-90, 91, 92, 93, 94 dan 95, mempunyai dua pengaman. Pengaman pertama adalah kunci mekanik dan yang lainnya adalah password digital. Kedua kunci harus dalam keadaan terbuka agar pintu brangkas dapat dibuka.  Cara membuka brangkas jika Anda ingat password: Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Masukan password ( 4-8 digit)   Tekan ‘#’ Buka pintu brangkas Cara membuka brankas jika lupa password/baterai habis:   1. Tekan tombol yang terletak dibawah panel, maka katup akan terbuka dan lubang kunci emergency terlihat. 2. Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Gunakan kunci emergency untuk membuka lubang kunci emergenc

Tips Pengunaan dan Perawatan Micrometer

Mikrometer adalah alat untuk mengukur benda yang ketelitian nya adalah 0.01mm. Alat ukur bekerja dengan cara yang menghitung jarak putaran sekrup dan mengubahnya menjadi hitungan jarak linear. Alat ini 10x lebih teliti dibanding jangka sorong yang ketelitian nya hanya 0.1mm. Berikut adalah penampan bagian-bagian dari mikrometer. Bagian dari mikrometer sekrup dan mikrometer digital Sebelum alat ini digunakan, perhatikan terlebih dahulu: - Kondisi permukaan ukur benda kerja - Kebersihan: keberadaan debu pada benda kerja dapat merubah hasil. - Suhu: Panjang benda kerja dapat berubah sesuai suhu karena dipengaruhi oleh thermal ekspansi. - Zero setting: Kencangkan rachet stop dan nolkan Thimble dan Sleeve Grafik diatas menunjukan pemuaian benda di telapak tangan pada suhu 21°C, 27°C dan 31°C Aplikasi mikrometer bisa untuk beragam tipe seperti digambar: Aplikasi mikrometer                                                     Contoh mikromet