Langsung ke konten utama

Keamanan Saluran Listrik di Tempat Kerja



Apa saja yang perlu Anda ketahui tentang keamanan saluran listrik di lokasi Anda bekerja?

Keamanan saluran listrik di kantor dan lokasi bekerja lainnnya sering dianggap remeh oleh para pekerja. Kebanyakan orang menganggap tidak ada ancamanan atau risiko yang dapat terjadi disekitar peralatan listrik dan sambungannya. Yang mempunyai risiko keamanan berhubungan dengan listrik hanyalah teknisi listrik karena mereka lah yang menyambung kabel-kabel tersebut. Kenyataanya tidak selalu begitu. Semua yang bekerja didekat peralatan listrik harus berhati-hati karena kelalaian sedikit membuat masalah untuk semua orang. Pastikan semua pekerja mengetahui tata cara keamanan saluran listrik. 

 


1 Cara kerja listrik, live wire
Arus listrik pasti akan mengalir melewati area yang mempunyai resistansi paling rendah. Jika ada bagian kabel yang terbuka(live wire), kemudian ‘short circuit’ atau mengenai permukaan besi, hal ini dapat menyetrum orang yang menyentuh permukaan besi tersebut. Pada umumnya, kabel stecker mempunyai 3 bagian yaitu bagian yang mengalirkan listrik, kabel netral sebagai acuan tegangan 0V dan kabel grounding. Kabel grounding ini berfungsi untuk melindungi Anda dari short circuit tersebut, dengan cara mengembalikan arus ke panel listrik sehingga perangkat proteksi seperti fuse atau circuit breaker akan secara otomatis membuat kondisi ‘open circuit’ atau melepas sambungan listrik dan melindungi Anda dari setrum. 


2 Arus, tegangan dan daya
Setiap perangkat elektronik mempunyai kebutuhan arus, tegangan dan daya yang tertera labelnya. Tegangan yang keluar dari sambungan listrik/steker di Indonesia adalah 220V. Jika arus yang tertera pada label adalah 10 Amper, maka sambungan listrik atau steker harus lebih dari 10 A. Sebaiknya menggunakan 11A atau 12A untuk mencegah terjadinya short circuit.
Banyak perangkat elektronik yang hanya memberikan daya seperti 2200Watt. Daya adalah banyaknya energi yang digunakan perangkat tersebut setiap detiknya. Untuk mendapatkan jumlah arus, daya dapat dibagi tegangan listrik tersebut. Jadi untuk perangkat 2200W berarti mempunyai arus (2200W/220V=10A) yaitu sebesar 10A.


3 Overload dan short-circuit
Hal ini kadang terjadi pada perkantoran, dimana daya yang dapat disuplai oleh sumber listriknya tidak dapat memenuhi kebutuhan listrik. Jika hal ini terjadi, maka circuit breaker akan resepon dengan memutus sumber listrik. Kabel roll dan sambungan listrik/steker juga mempunyai maksimal daya yang bisa dilewati. Jika daya yang melewatinya melebihi kapasitas kabel atau stecker tersebut, dapat mengakibatkan short circuit atau bahkan kebakaran.   



4 Mengurangi kemungkinan kesetrum
Cara mengurangi kemungkinan kesetrum cukup praktis. Jangan menyentuh kabel yang terkelupas kecuali jika sudah pasti tidak ada listrik yang melewatinya, jangan menumpahkan air atau cairan lain dekat sambungan listrik. Jangan menggunakan benda tajam seperti staples untuk menempelkan kabel karena dapat merusak insulasi dan membuat kabel tersebut menjadi ‘live wire’ atau kabel yang dapat menyetrum kita.
Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mereset password/membuka Safety Box KRIBOW

Apabila Anda lupa dengan password brankas anda, buka brankas tersebut dengan menggunakan kunci emergency yang termasuk kelengkapan saat pembelian unit. Berikut adalah cara mengganti/me-reset password anda: Untuk tipe  KW20-90 & KW20-91 & KW20-92 & KW20-93 & KW20-94 & KW20-95 Tekan tombol pagar "#", lampu kuning pada display akan menyala, kemudian akan muncul text ".....…" Masukkan PasswordLama atau Default Password dilanjutkan dengan menekan tombol pagar "#" Akan terdengar bunyi beep, diikuti display menjadi warna biru, dan muncul text "READ" Tekan tombol bintang "*" selama 7 detik dan display akan muncul text "........." Masukkan PasswordBaru (4-8 digit) diikuti dengan tombol pagar "#", display akan menunjukkan text INTO  Password baru telah berhasil dimasukkan Cara membuka brangkas jika lupa password, kunci hilang, lowbat. Untuk tipe KW20-680 Pintu brankas harus dalam kondisi o

Cara Membuka Brangkas/Safety Box Krisbow KW20-90,91,92,93,94,95

Lupa Password Brangkas / Safety Box Krisbow KW20-90~95? Permasalahan  yang sering dialami oleh pemilik brangkas biasanya adalah: lupa password, kunci hilang dan baterai sudah mau habis/lowbat. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Safety box alias brankas Krisbow dengan tipe KW20-90, 91, 92, 93, 94 dan 95, mempunyai dua pengaman. Pengaman pertama adalah kunci mekanik dan yang lainnya adalah password digital. Kedua kunci harus dalam keadaan terbuka agar pintu brangkas dapat dibuka.  Cara membuka brangkas jika Anda ingat password: Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Masukan password ( 4-8 digit)   Tekan ‘#’ Buka pintu brangkas Cara membuka brankas jika lupa password/baterai habis:   1. Tekan tombol yang terletak dibawah panel, maka katup akan terbuka dan lubang kunci emergency terlihat. 2. Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Gunakan kunci emergency untuk membuka lubang kunci emergenc

Tips Pengunaan dan Perawatan Micrometer

Mikrometer adalah alat untuk mengukur benda yang ketelitian nya adalah 0.01mm. Alat ukur bekerja dengan cara yang menghitung jarak putaran sekrup dan mengubahnya menjadi hitungan jarak linear. Alat ini 10x lebih teliti dibanding jangka sorong yang ketelitian nya hanya 0.1mm. Berikut adalah penampan bagian-bagian dari mikrometer. Bagian dari mikrometer sekrup dan mikrometer digital Sebelum alat ini digunakan, perhatikan terlebih dahulu: - Kondisi permukaan ukur benda kerja - Kebersihan: keberadaan debu pada benda kerja dapat merubah hasil. - Suhu: Panjang benda kerja dapat berubah sesuai suhu karena dipengaruhi oleh thermal ekspansi. - Zero setting: Kencangkan rachet stop dan nolkan Thimble dan Sleeve Grafik diatas menunjukan pemuaian benda di telapak tangan pada suhu 21°C, 27°C dan 31°C Aplikasi mikrometer bisa untuk beragam tipe seperti digambar: Aplikasi mikrometer                                                     Contoh mikromet