Hi bapak ibu sekalian, hari ini kita akan membahas mengenai kompresor tapi baru dasarnya aja yah cara perawatan dan perbaikkannya , yah seperti p3knya
Cara Penggunaan
kabel jangan lupa dicolok dulu ke listrik baru kemudian nyalakan saklar pada compresor. setelah menyala compresor akan mengisi tangki udara setelah penuh compresor normalnya akan mati secara otomatis dan jika tekanan (bar) dalam tangki udara berkurang compresor akan hidup lagi.
Maintenance
1. Mengganti oli secara berkala
2. Bersihkan filter udara bila kotor/berdebu
TroubleShooting
1. Motor pengerak piston tidak mau berputar:
Kemungkinan kerusakan: motor tidak mendapat sumber tegangan listrik,saklar rusak,capasitor rusak,kumparan terbakar.
2. Compresor tidak mau mati otomatis pada saat tekanan pada tabung penuh dan tidak mau hidup otomatis pada saat tekanan pada tabung berkurang:
Kemungkinan kerusakan: presure switch rusak/kabel yang menuju presure switch terputus. apabila hanya kabel cukup perbaikan kabelnya aja, dan apabila ditermukan kerusakan pada pressure swicthnya mau tidak mau harus diganti.
Apabila ada kerusakan pada motor dikarenakan kapasitor penyebabnya ada dua yah
1. Tegangan berlebihan ini bisa dilihat dari kapasitor yang rusak terlebih dahulu dan motor mengalami gosong
2. Pemakaian kompresor melebihi kapasitasnya, kapasitor akan meleleh dan motor terbakar
Sekian pelajaran mendasar kompresor hari ini
semoga membantu yah
Prinsip kerja
pemampatan udara yang di hasilkan oleh gerakan piston,lihat Gb1.piston.
yang menuju ke tangki udara yang di atur oleh one way valve.
Cara Penggunaan
kabel jangan lupa dicolok dulu ke listrik baru kemudian nyalakan saklar pada compresor. setelah menyala compresor akan mengisi tangki udara setelah penuh compresor normalnya akan mati secara otomatis dan jika tekanan (bar) dalam tangki udara berkurang compresor akan hidup lagi.
Maintenance
1. Mengganti oli secara berkala
2. Bersihkan filter udara bila kotor/berdebu
TroubleShooting
1. Motor pengerak piston tidak mau berputar:
Kemungkinan kerusakan: motor tidak mendapat sumber tegangan listrik,saklar rusak,capasitor rusak,kumparan terbakar.
2. Compresor tidak mau mati otomatis pada saat tekanan pada tabung penuh dan tidak mau hidup otomatis pada saat tekanan pada tabung berkurang:
Kemungkinan kerusakan: presure switch rusak/kabel yang menuju presure switch terputus. apabila hanya kabel cukup perbaikan kabelnya aja, dan apabila ditermukan kerusakan pada pressure swicthnya mau tidak mau harus diganti.
Apabila ada kerusakan pada motor dikarenakan kapasitor penyebabnya ada dua yah
1. Tegangan berlebihan ini bisa dilihat dari kapasitor yang rusak terlebih dahulu dan motor mengalami gosong
2. Pemakaian kompresor melebihi kapasitasnya, kapasitor akan meleleh dan motor terbakar
Sekian pelajaran mendasar kompresor hari ini
semoga membantu yah
Komentar