Langsung ke konten utama

Perbedaan Genset 1 Phase dan 3 phase



Genset 1 Phase adalah tegangan yang dibentuk dari kutub L yang mengandung arus dengan kutub N yang tidak berarus atau berarus nol atau sering kita kenal sebagai arde atau ground. Sedangkan tegangan 3 phase dibentuk dari dua kutub yang bertegangan. Genset tiga phase menghasilkan tiga kali kapasitas genset 1 phase .





Pada sistem kelistrikan kita, kapasitas 3 phase yang dihasilkan untuk aplikasi rumah tangga adalah 380 volt, sedangkan kapasitas 1 phase adalah 220 volt. . Di indonesia, pfrekuensi tegangan dan arus ditetapkan sebesar 50hz dimana hal ini mengikuti standar pfrekuensi di Belanda atau negara negara eropa, sedangkan di negara Amerika Serikat dan Kanada menggunakan frekuensi 60hz.


Tegangan keluaran (Output Voltage) yang dihasilkan Generator AC 1 phase biasanya 220 Volt (Tegangan listrik ini diukur antara titik keluaran Phase dan Netral).Dimana seperti kita ketahui yakni Nilai tegangan 220 Volt pada generator AC 1 phase bukan berarti bahwa Netral memiliki nilai 0 Volt, dan Phase memiliki nilai 220 Volt.

Kabel Netral pada generator AC 1 Phase
Titik netral pada generator AC 1 phase memiliki nilai potensial (tidak nol), namun selisih atau perbedaan potensial antara titik phase dan netral selisih nilai tegangannya 220 Volt.

Dan makanya kalian jangan pada bingung apabila kedua kabel keluaran pada generator AC 1 phase di Test dengan Testpen akan menyala keduanya, namun dengan nilai tegangan yang berbeda.


Berbeda dengan 1 Phase, Generator 3 phase biasanya menghasilkan tegangan keluaran (Output voltage) 380 Volt, diukur antara phase dengan phase yang berbeda, dan tegangan keluaran 220 Volt diukur antara salah satu phase dengan Netral.

Ketiga phase pada Alternator ini biasa diberi simbol Phase R, S, T. Dan N untuk kabel keluaran Netral.

listrik hubungan bintang

Kabel Netral pada generator AC 3 phase
Netral yang dihasilkan dari Alternator 3 phase ini, didapat dari hasil ketiga kumparan phase yang dihubungkan secara bintang (Star) seperti gambar diatas.

Perbedaan nilai tegangan antara ketiga phase pada Alternator ini disebabkan karena gelombang sinus yang saling mendahului atau saling berkejaran, dan bisa dikatakan ketiga Phase pada Generator ini memiliki sudut Phase yang berbeda sebesar 120 derajat.

Sehingga selisih atau perbedaan potensial yang terjadi didapat nilai 380 Volt, dengan nilai perbedaan potensial phase dengan netral adalah 220 Volt . Titik Netral pada alternator 3 phase memiliki nilai 0 volt.

Pemahaman mudahnya kalau diringkas

Genset 1 phase akan menghasilkan watt seperti yang tertulis pada unit tersebut, misalnya genset 1 phase 1000watt, tapi dikali 80% agar genset tidak kena beban maksimal dan cepat merusak genset apabila ada tekanan secara mendadak. Maka daya yang bisa dipakai adalah 800 watt untuk kebutuhan rumah tangga bapak dan ibu. 

Sedangkan genset 3 phase biasanya buat rumah rumah besar dimana ada daya 5kva dimana setiap phasenya akan menghasilkan 5kva, sekali lagi disarankan beban pada unit adalah 80% darikapasitas unitnya. Dan pembagian untuk penggunaan unit harus dibagi sama rata, kalau tidak akan mengakibatkan beban berat sebelah dan merusak unit gensetnya. Percayakan kepada tukang listrik terpercaya untuk perbaikan listrik dirumah anda.




semoga article ini membantu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mereset password/membuka Safety Box KRIBOW

Apabila Anda lupa dengan password brankas anda, buka brankas tersebut dengan menggunakan kunci emergency yang termasuk kelengkapan saat pembelian unit. Berikut adalah cara mengganti/me-reset password anda: Untuk tipe  KW20-90 & KW20-91 & KW20-92 & KW20-93 & KW20-94 & KW20-95 Tekan tombol pagar "#", lampu kuning pada display akan menyala, kemudian akan muncul text ".....…" Masukkan PasswordLama atau Default Password dilanjutkan dengan menekan tombol pagar "#" Akan terdengar bunyi beep, diikuti display menjadi warna biru, dan muncul text "READ" Tekan tombol bintang "*" selama 7 detik dan display akan muncul text "........." Masukkan PasswordBaru (4-8 digit) diikuti dengan tombol pagar "#", display akan menunjukkan text INTO  Password baru telah berhasil dimasukkan Cara membuka brangkas jika lupa password, kunci hilang, lowbat. Untuk tipe KW20-680 Pintu brankas harus dalam kondisi o

Cara Membuka Brangkas/Safety Box Krisbow KW20-90,91,92,93,94,95

Lupa Password Brangkas / Safety Box Krisbow KW20-90~95? Permasalahan  yang sering dialami oleh pemilik brangkas biasanya adalah: lupa password, kunci hilang dan baterai sudah mau habis/lowbat. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Safety box alias brankas Krisbow dengan tipe KW20-90, 91, 92, 93, 94 dan 95, mempunyai dua pengaman. Pengaman pertama adalah kunci mekanik dan yang lainnya adalah password digital. Kedua kunci harus dalam keadaan terbuka agar pintu brangkas dapat dibuka.  Cara membuka brangkas jika Anda ingat password: Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Masukan password ( 4-8 digit)   Tekan ‘#’ Buka pintu brangkas Cara membuka brankas jika lupa password/baterai habis:   1. Tekan tombol yang terletak dibawah panel, maka katup akan terbuka dan lubang kunci emergency terlihat. 2. Pastikan kunci mekanik sudah dalam keadaan terbuka. Gunakan kunci emergency untuk membuka lubang kunci emergenc

Tips Pengunaan dan Perawatan Micrometer

Mikrometer adalah alat untuk mengukur benda yang ketelitian nya adalah 0.01mm. Alat ukur bekerja dengan cara yang menghitung jarak putaran sekrup dan mengubahnya menjadi hitungan jarak linear. Alat ini 10x lebih teliti dibanding jangka sorong yang ketelitian nya hanya 0.1mm. Berikut adalah penampan bagian-bagian dari mikrometer. Bagian dari mikrometer sekrup dan mikrometer digital Sebelum alat ini digunakan, perhatikan terlebih dahulu: - Kondisi permukaan ukur benda kerja - Kebersihan: keberadaan debu pada benda kerja dapat merubah hasil. - Suhu: Panjang benda kerja dapat berubah sesuai suhu karena dipengaruhi oleh thermal ekspansi. - Zero setting: Kencangkan rachet stop dan nolkan Thimble dan Sleeve Grafik diatas menunjukan pemuaian benda di telapak tangan pada suhu 21°C, 27°C dan 31°C Aplikasi mikrometer bisa untuk beragam tipe seperti digambar: Aplikasi mikrometer                                                     Contoh mikromet